
KIAT RAPORT PENDIDIKAN SEBAGAI DASARIMPLEMENRASI DEEP LEARNING
(sebuah diskursus)
A. Kiat teknis menjadikan Rapor Pendidikan sebagai dasar implementasi Deep Learning dalam penguatan Kurikulum Merdeka
Kiat Teknis:
Integrasi Rapor Pendidikan dalam Implementasi Deep Learning untuk Penguatan Kurikulum Merdeka
1. Memahami dan Menganalisis Data Rapor Pendidikan
Kiat:
Bentuk tim kecil (Kepala Sekolah, guru, waka kurikulum) untuk mengkaji data Rapor Pendidikan.
Fokus:
Identifikasi indikator yang berkaitan langsung dengan kualitas pembelajaran (misal: literasi, numerasi, iklim kelas, dan kompetensi guru).
Langkah teknis:
Buat peta tantangan dan prioritas intervensi pembelajaran berdasarkan data.
2. Menyusun Rencana Perbaikan Berbasis Data (PBD)
Kiat:
Gunakan hasil analisis untuk merancang program dan strategi pembelajaran mendalam (Deep Learning).
Contoh teknis:
Jika hasil numerasi rendah, rancang pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) yang menantang siswa berpikir logis dan kritis.
Jika hasil literasi rendah, integrasikan aktivitas membaca analitis dan debat dalam mata pelajaran.
3. Mendesain Pembelajaran Deep Learning Berdiferensiasi
Kiat:
Gunakan hasil refleksi dari Rapor Pendidikan untuk mengelompokkan siswa dan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai kebutuhan.
Langkah teknis:
Rancang proyek pembelajaran (Project-Based Learning) berbasis minat dan kemampuan siswa.
Gunakan rubrik penilaian berpikir kritis dan penilaian formatif untuk memantau kemajuan.
4. Membangun Budaya Refleksi dan Kolaborasi Guru
Kiat:
Jadwalkan forum refleksi berkala antar guru (misalnya melalui Komunitas Belajar).
Langkah teknis:
Gunakan hasil Rapor Pendidikan sebagai bahan diskusi untuk mengembangkan strategi Deep Learning.
Adakan pelatihan kecil tentang “Teaching for Understanding” dan “Socratic Questioning”.
5. Monitoring dan Evaluasi Berbasis Rapor Pendidikan
Kiat:
Gunakan data baru tiap tahun untuk mengukur dampak pembelajaran mendalam.
Langkah teknis:
Bandingkan capaian antar tahun.
Buat portofolio pembelajaran sebagai dokumentasi proses Deep Learning siswa.
B.Penutup
Dengan pendekatan yang sistematis dan terukur, Rapor Pendidikan menjadi alat navigasi yang memungkinkan satuan pendidikan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Deep Learning secara efektif, selaras dengan semangat Kurikulum Merdeka.
non scholae sed vitae discimuus
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pengumuman SPMB 2025 Tahap 2 SMA Negeri 3 Balikpapan
Jalur RT Prioritas dan Domisili Rayon SMA Negeri 3 Balikpapan mengumumkan bahwa proses Seleksi Penerimaan Murid Baru (SPMB) Tahun Pelajaran 2025/2026 Tahap 2 untuk Jalur RT Priori
Informasi Daftar Ulang SPMB 2025 Tahap I & II
Hasil seleksi Sistem Penerimaan Murid Baru (SPMB) Tahun Pelajaran 2025/2026 secara online yang dilaksanakan pada tanggal 16-27 Juni 2025 melalui aplikasi Website Cabdin Balikpapan SPMB
Pengumuman SPMB 2025 Tahap 1 SMA Negeri 3 Balikpapan
Jalur Afirmasi, Mutasi / Anak GTK, dan Prestasi SMA Negeri 3 Balikpapan mengumumkan bahwa proses Seleksi Penerimaan Murid Baru (SPMB) Tahun Pelajaran 2025/2026 Tahap 1 untuk Ja
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Balikpapan Tahun Pelajaran 2024/2025
Balikpapan, 5 Mei 2025 — SMA Negeri 3 Balikpapan dengan bangga mengumumkan kelulusan siswa kelas XII Tahun Pelajaran 2024/2025. Pengumuman kelulusan akan disampaikan secara resmi
SOP "Rapor Pendidikan sebagai Dasar Implementasi Deep Learning dalam Penguatan Kurikulum Merdeka"
SOP Penanggung Jawab Koordinator Digital Sekolah Tujuan :Mengkoordinasikan dan mengimplementasikan teknologi digital dalam mendukung implementasi Deep Learning berbasis Rapor Pendidika
Bakti Sosial SMA Negeri 3 Balikpapan
"Kebahagiaan tidak akan habis hanya karena kita membaginya. Ketahuilah, kebahagiaan bertambah ketika kita bersedia untuk berbagi"Kegiatan bakti sosial setiap tahun yang dilaksanakan ole
ASESMEN AKHIR SEKOLAH (AAS) DI SMA NEGERI 3 BALIKPAPAN MENGGUNAKAN ANDROID BASE TEST BERBASIS BELAJAR.ID
Balikpapan, 12 Maret 2025 – Pada tanggal 12 hingga 20 Maret 2025, SMA Negeri 3 Balikpapan akan mengadakan Asesmen Akhir Sekolah (AAS) bagi siswa kelas XII. Kegiatan ini bertujuan
the beginning of the end pendidikan di Indonesia
the beginning of the end pendidikan di Indonesia Apa solusinya? kita coba solusian dari pemikiran KI HAJAR DEWANTORO Jika kita selami pemikiran disampaikan oleh pemikiran *Kihajar dew